Selasa, 30 Oktober 2012

Resensi Novel Confessions of a Shopaholic


Resensi Novel  Confessions of a Shopaholic,  Pengakuan Si Gila Belanja

Kenal dengan Chicklit (Chick Literature), yang berarti bacaan cewek, ditujukan untuk para wanita muda mandiri yang cerdas, mandiri, berani dan jujur pada diri sendiri. Dalam chicklit, ANda akan menemukan kisah sehari-hari para wanita cosmopolitan yang umumnya msih lajang, punya karier dan bergulat dengan berbagai masalah kehidupan modern. Chicklit tampil dengan bahasa ngepop, gaya bercerita santai, penuh humor konyol sekaligus cerdas. Penuturan bahasanya jujur dan blak-blakan, tak ada yang dianggap tabu, semua rahasia kita sebagai wanita diungkap tuntas.
Teman-teman yang pernah membaca serial Chicklit (Being single and Happy) karangan Sophie Kinsella pasti kenal dengan karakter Rebecca. Dia bertipe seperti gadis kebanyakan di kota-kota besar yaitu suka sekali shopping bahkan terhitung boros. Nah, saya juga termasuk penggemar serial ini, bukan untuk ditiru mentah-mentah (suka belanja maksudnya…) lho ya. Justru dari cerita ini, kita belajar untuk cerdas mengatur keuangan dari tokoh Rebecca yang unik.
Nah, buat yang belum pernah baca, saya tuliskan resensi serial chicklit yang sudah pernah saya baca. Kalau tertarik, baru deh datang ke toko-toko buku terdekat.

Confessions of a Shopaholic
Pengakuan Si Gila Belanja

Rebecca Bloomood adalah seorang jurnalis yang pekerjaannya menulis artikel tentang cara mengatur keuangan. Ia menghabiskan waktu luangnya dengan berbelanja. Tapi kebiasaan belanja Rebbeca ini bisa dibilang sudah terlewat batas.Terapi belanja dianggap sebagai jawaban untuk semua masalahnya. Namun belakangan Becky (panggilan akrab Rebecca) dikejar-kejar surat-surat tagihan. Ia tahu ia harus berhenti namun ia tidak bisa melakukannya. Godaan untuk berbelanja mengalahkan akal sehatnya walaupun dia seorang yang mengerti teori-teori keuangan. Ia mencoba mengurangi pengeluaran, mencoba memperbesar penghasilan, tapi tak ada yang berhasil. Satu-satunya penghiburan adalah membeli sesuatu, untuk dirinya sendiri.  Di novel ini juga dikisahkan Rebecca berkenalan dengan laki-laki yang akhirnya menjadi kekasihnya, Luke. Perkenalan Luke dan Rebecca juga bermula dengan kisah yang lucu. Pokoknya buku ini sangat menghibur karena penulis menggunakan bahasa yang ringan. Tokoh Rebecca memiliki pikiran-pikiran yang lucu dan cepat berpindah dari hal satu dan hal lainnya. Karakter lain juga memiliki daya tarik kuat seperti Suze, sahabat Becky, juga dengan keluarga Rebecca, masing-masing memiliki karakter yang unik. Akhir kisah ini bahagia, karena usaha keras dari Rebecca sendiri. Yang penasaran, silahkan cari bukunya, pinjam atau beli…hehehe.

tersedia juga disini http://id.shvoong.com/entertainment/2330418-confessions-shopaholic/

Disadur dari buku :
Confessions of a Shopaholic
Pengakuan si Gila Belanja
Pengarang Sophie Kinsella
Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama tahun 2003

1 komentar: